Langsung ke konten utama

Minyak Plai/ Plai Oil

Minyak Plai/ Plai Oil

Kategori:Minyak Atsiri
Harga:Rp - / 100 ml

Deskripsi:

PLAI
Zingiber cassumunar 

KELUARGA Zingiberaceae 

SYNONYMS Z. montanum, Z. cassumunar 'Roxburgh', Z. purpureum"Roscoe, cassumunar jahe. 

URAIAN UMUM Akar tanaman tahunan tropis ini umbi, dengan serat berdaging panjang dan pelengkap bersendi, seperti jahe tapi sedikit lebih besar. Rimpang segar, yang berwarna kuning di dalamnya, memiliki aroma dingin, hijau, camphoraceous, pedas-hangat. Batangnya terbuat dari selubung daun hijau yang rumput-seperti dengan tunas merah kecoklatan berwarna merah muda yang pucat. 

DISTRIBUSI Berasal dari Thailand, Indonesia dan India: sekarang banyak ditemukan di seluruh Asia. Karena plai adalah tanaman obat yang penting di Thailand, ada banyak daerah di mana plai dibudidayakan dan plai tergantung pada lokasi pabrik yang telah diekstraksi. Minyak atsiri yang dihasilkan dari rimpang yang tumbuh di wilayah barat laut paling banyakkhas dari Thailand dan mengandung hampir sebanyak terpinen-4-ol sebagai minyak pohon teh. Terpinen-4-ol telah diteliti dengan baik, dan diketahui mengaktifkan sel darah putih: ia juga memiliki khasiat antibakteri, antiviral dan antijamur yang signifikan. Minyak yang dihasilkan dari daerah pusat mengandung lebih banyak sabinene. Zingiber cassumunar adalah kerabat dekat jahe dan lengkuas, keduanya digunakan untuk menghasilkan minyak esensial. 

TRADISI HERBAL / FOLK Zingiber cassumunar banyak digunakan dalam pengobatan cerita rakyat sebagai tanaman tunggal atau sebagai komponen resep herbal di Thailand dan banyak negara Asia untuk perawatan kondisi, seperti peradangan, keseleo dan ketegangan, rematik dan nyeri otot. Meskipun berasal dari keluarga tanaman yang sama dengan jahe (Zingiber officinale), ia tidak memiliki efek pemanasan klasik yang umum terjadi pada jahe. Sebagai gantinya, plai memiliki tindakan pendinginan pada daerah yang meradang, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk mengobati luka, nyeri pasca operasi dan semua jenis nyeri otot dan sendi seperti kondisi seperti rematik dan rematik. Untuk alasan ini, plai sudah lamayang dianggap oleh terapis pijat Thailand sebagai salah satu minyak paling penting yang harus mereka miliki. Meski umumnya diencerkan dengan minyak pembawa, bisa diaplikasikan langsung ke kulit saat merawat daerah rasa sakit atau peradangan parah yang mendekati permukaan kulit. Hal ini dilaporkan untuk mengurangi rasa sakit hingga 16-20 jam - bahkan digunakan oleh petinju Thailand untuk menghilangkan rasa sakit! Digunakan dalam perawatan kulit, minyak tersebut menunjukkan sifat antioksidan yang baik dan digunakan dalam budaya Thailand untuk mengobati bekas peregangan dan bekas luka; juga untuk menyembuhkan luka. Senyawa herbal Plai ini Digunakan secara tradisional dalam bentuk tapal dan ramuan untuk pengobatan berbagai gangguan pencernaan termasuk kolik, konstipasi, diare, perut kembung, mual mulas. Zingiber cassumunar juga merupakan obat tradisional Thailand untuk kondisi pernafasan, termasuk asma, catarrh, pilek dan batuk, demam dan influenza. 

TINDAKAN Analgesik, antioksidan, antibakteri, antimikroba, antihistamin, antineuralgik, antijamur, anti radang, antiseptik, antispasmodik, antitoksik, antiviral, karminatif, pencernaan, diuretik, febrifugal, pencahar, rubefacient, peremajaan, stimulan, tonik, vermifuge. Aroma pedas-hijau dan nuansa resinous sedikit sedikit. Ini akan menyatu dengan baik dengan lada hitam, bergamot, jahe, grapefruit,serai, jeruk nipis, melati, lavender, neroli, petitgrain, rosemary, cendana dan pohon teh. 

KONSTITUEN PRINCIPAL Konstituen kimia aktif utama minyak terpinen-4-ol (sampai 49 persen) sabinene (sampai 45 persen), DMPBD (sampai persen), g-terpinene dan terpadat - tergantung pada sumber minyak. 

DATA KESELAMATAN Tidak beracun, tidak menimbulkan iritasi dan tidak peka. Sebaiknya periksa kemungkinan sensitisasi karena variasi jenis kemo yang tersedia. 

AROMATHERAPY / HOME USE Perawatan kulit: Jerawat, luka, stretch mark, bekas luka, luka. Sirkulasi otot dan persendian: Semua jenis nyeri dan nyeri yang disebabkan oleh peradangan, termasuk rematik dan rematik, kram, asam urat, masalah sendi, kejang otot, keseleo dan ketegangan, otot robek dan ligamen seperti demam, flu, sinusitis. Genito-sistem kemih: kram menstruasi. Sistem kekebalan: Merangsang sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan vitalitas. Sistem saraf: Kecemasan, ketegangan saraf, stres. 

LAINPENGGUNA Rimpang segar atau akar bubuk banyak digunakan dalam masakan tradisional Thailand. Minyak ini digunakan di industri farmasi, misalnya di Indonesia formulasi nyamuk repellant




Postingan populer dari blog ini

Minyak Santolina/ Santolina Oil

Minyak Santolina/ Santolina Oil Kategori: Minyak Atsiri Harga: Rp - / 100 ml Deskripsi: SANTOLINA Santolina chamaecyparissus  FAMILY Asteraceae (Compositae)  SYNONYMS Lavandula taemina, cotton lavender  DESKRIPSI UMUM Sebuah semak kayu cemara hijau dengan dedaunan abu-abu keputihan dan kecil, kuning cerah, bunga berbentuk bola yang terbawa pada tangkai tunggal yang panjang. Seluruh tanaman memiliki bau agak kuat, agak mirip chamomile. tidak berhubungan dengan lavender sejati (Lavandula angustifolia) meski namanya umum.  TRADISI HERBAL / FOLK Ini digunakan sebagai penangkal segala jenis racun, dan untuk mengusir cacing; juga 'baik melawan penyumbatan hati, ikterus dan untuk mempromosikan menstruasi'. Itu digunakan untuk menjagangengat dari linen, untuk mengusir nyamuk, dan sebagai a obat untuk gigitan serangga, kutil, scabs dan verrucae. Orang-orang Arab dikatakan telah menggunakan jus untuk memandikan mata.  TINDAKAN antispasmodik, antitoksi

Minyak Jarak/ Castor Oil/ Oleum Ricini

Minyak Jarak/ Castor Oil/ Oleum Ricini Kategori: Minyak Basis Harga: Rp 85,000  / 100 ml Deskripsi: Minyak jarak adalah minyak nabati yang diperoleh dari ekstraksi biji tanaman jarak (Ricinus communis). Dalam bidang farmasi dikenal pula sebagai minyak kastroli. Minyak ini serba guna dan memiliki karakter yang khas secara fisik. Pada suhu ruang minyak jarak berfasa cair dan tetap stabil pada suhu rendah maupun suhu sangat tinggi. Minyak jarak diproduksi secara alami dan merupakan trigliserida yang mengadung 90% asam ricinoleat. Minyak jarak juga merupakan sumber utama asam sebasat, suatu asam dikarboksilat. Pemanfaatan minyak jarak dan turunannya (derivat) sangat luas dalam berbagai industri: sabun, pelumas, minyak rem dan hidraulik, cat, pewarna, plastik tahan dingin, pelindung (coating), tinta, malam dan semir, nilon, farmasi (1% dari total produk dunia), dan parfum. Racun ricin merupakan produk sampingan dari proses pengolahan minyak jarak. Sebagai bah

Minyak Kayu Manis, Daun, Organik/ Cinnamon Leaf Oil, Organic

Minyak Kayu Manis, Daun, Organik/ Cinnamon Leaf Oil, Organic Kategori: Minyak Atsiri Harga: Rp 361,170 / 100 ml Deskripsi: CINNAMON Cinnamomum zeylanicum KELUARGA Lauraceae SYNONYMS C. verum, Laurus cinnamomum, kayu sinina Ceylon, kayu manis Seychelles, kayu manis Madagaskar, kayu manis sejati, daun kayu manis (minyak), kulit kayu manis (minyak). URAIAN UMUM Pohon cemara tropis setinggi 15 meter, dengan dahan yang kuat dan kulit pohon garing tebal dengan tunas muda berbintik-bintik hijau oranye. Daunnya berwarna hijau mengilap, daun kasar, bunga putih kecil dan buah beri putih kebiruan. Daunnya memiliki aroma pedas saat memar. DISTRIBUSI Berasal dari Sri Lanka, Madagaskar, Kepulauan Comoro, India Selatan, Burma dan Indocina. Hal ini juga dibudidayakan di India, Jamaika dan Afrika - masing-masing daerah cenderung memiliki spesiesnya sendiri. JENIS LAIN Madagaskar kayu manis dianggap lebih unggul dari berbagai jenisJenis kayu manis lainnya sep